Visi, Misi dan Tujuan


Visi jurusan Ilmu Ekonomi FEB Uncen:

Bahwa dengan Penyertaan Tuhan Yang Maha Esa, Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih “Mewujudkan lembaga pendidikan yang unggul di bidang ilmu ekonomi, sebagai solusi pengembangan ekonomi yang berwawasan lingkungan di tingkat regional, nasional dan global.”

Misi jurusan Ilmu Ekonomi FEB Uncen:

Program Studi Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Cenderawasih,

  1. Menyelenggarakan Tri Dharma yang bermutu dan relevan dengan tantangan di tingkat Regional, Nasional dan Global.
  2. Menciptakan iklim Akademik yang mampu mendukung perwujudan Visi Fakultas dan Universitas.
  3. Menghasilkan lulusan yang unggul di Bidang Ekonomi dan Bisnis yang berwawasan lingkungan, serta dapat menyelesaikan masalah ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sebagai bentuk pertanggungjawaban kepada bangsa dan negara.

Tujuan Jurusan Ilmu Ekonomi FEB Uncen:

Berdasarkan visi dan misi yang telah ditetapkan di atas, Tujuan Program Studi Ekonomi Pembangunan FEB-UNCEN dapat dipaparkan seperti berikut:

1. Terwujudnya dosen yang berkualifikasi sesuai dengan standar pendidikan tinggi dalam bidang ilmu ekonomi, dengan sasaran sebagai berikut:

  • Meningkatnya dosen program studi yang berpendidikan S3 di bidang ilmu ekonomi dengan prestasi akademik yang tinggi.
  • Meningkatnya dosen program studi yang mempunyai kompetensi dengan reputasi nasional dan internasional dalam bidang ilmu ekonomi.

Rumusan Strategi: Meningkatkan kompetensi dosen yang unggul dan profesional di bidang ekonomi.

2. Terwujudnya dosen yang mampu menghasilkan karya ilmiah penelitian yang berkualitas di bidang ilmu ekonomi yang berwawasan lingkungan dan kearifan lokal untuk dipublikasikan dalam jurnal berreputasi nasional dan internasional, dengan sasaran sebagai berikut:

  • Meningkatnya hasil penelitian dosen dalam bidang ekonomi yang berwawasan lingkungan dan kearifan lokal
  • Meningkatnya publikasi jurnal dosen yang berreputasi nasional dan internasional
  • Terpenuhinya akses dosen untuk mempublikasikan karya tulisnya secara nasional dan internasional.

Rumusan Strategi: Optimalisasi penelitian dan publikasi karya ilmiah dosen di bidang ilmu ekonomi yang berwawasan lingkungan dan kearifan lokal di tingkat nasional dan internasional.

3. Terwujudnya dosen yang memiliki kapasitas dan kompetensi untuk menerapkan keahliannya sesuai bidang ilmu dalam kehidupan bermasyarakat, dengan sasaran sebagai berikut:

  • Meningkatnya pengabdian pada masyarakat yang bersinerji dengan pembangunan ekonomi yang berbasis lingkungan.
  • Meningkatnya kualitas dan kuantitas pengabdian pada masyarakat yang berorientasi pada pengembangan dan pemanfaatan sumber daya lokal.

Rumusan Strategi: Mengembangkan pengabdian pada masyarakat yang kreatif dan inovatif berbasis pada lingkungan dan pemberdayaan ekonomi lokal.

4. Tercapainya pelayanan proses belajar mengajar dalam lingkungan akademik yang kondusif, dengan sasaran sebagai berikut:

  • Terwujudnya penerapan kurikulum yang berbasis capaian hasil.
  • Meningkatnya kuantitas sarana dan prasarana belajar mengajar berbasis
  • Meningkatnya pelayanan pendidikan yang mendukung lingkungan akademik yang kondusif.
  • Meingkatnya kualitas dan kuantitas proses belajar mengajar yang berorientasi pada student learning center.

Rumusan Strategi: Mengembangkan kurikulum yang dinamis mengikuti perkembangan global (Sasaran 1), Meningkatkan kualitas metode pendidikan yang berbasis teknologi dan informasi terbaharu (Sasaran 2 dan 3), Mengembangkan pola pendidikan mahasiswa mandiri (Sasaran 4).

5. Terwujudnya kerjasama dengan lembaga/instansi dalam dan luar negeri guna memecahkan masalah-masalah perekonomian, lingkungan dan pemberdayaan sumberdaya lokal, dengan sasaran sebagai berikut:

  • Meningkatnya kemitraan yang bersinerji dengan pemerintah lokal dan nasional dalam bidang ekonomi, lingkungan dan pemberdayaan kearifan lokal.
  • Tercapainya kerjasama dengan pihak luar negeri dan lembaga donor.

Rumusan Strategi: Meningkatkan net working dengan pihak eksternal dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat di bidang ilmu ekonomi yang berwawasan lingkungan dan kearifan lokal.

6. Terwujudnya lulusan yang mampu mengembangkan dan menerapkan keahliannya secara profesional dalam bidang ilmu ekonomi, dengan sasaran sebagai berikut:

  • Meningkatnya lulusan program studi yang diterima dalam lapangan kerja yang sesuai dengan konsentrasi bidang ilmu ekonomi.
  • Tercapainya lulusan yang memiliki kompetensi dalam melakukan analisis data dan informasi di bidang ekonomi, lingkungan dan pemberdayaan masyarakat lokal.
  • Meningkatnya kemampuan lulusan dalam menyusun dan menyajikan konsep-konsep ekonomi sesuai konsentrasi bidang ilmu.

Rumusan Strategi: Meningkatkan kompetensi lulusan yang sesuai dengan kebutuhan pasar.

7. Terwujudnya lulusan yang memiliki kapasitas dan kompetensi yang tinggi dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas di bidang ilmu ekonomi yang berwawasan lingkungan dan kearifan lokal, dengan sasaran sebagai berikut:

  • Meningkatnya kualitas dan kuantitas penulisan tugas akhir mahasiswa yang sesuai dengan pedoman dan peraturan yang berlaku.
  • Meningkatnya partisipasi mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat masyarakat yang berbasis ekonomi lingkungan dan kearifan lokal
  • Meningkatnya kemampuan lulusan dalam menyusun dan memaparkan artikel ilmiah pada jurnal yang berkualitas lokal dan nasional.
  • Meningkatnya publikasi karya ilmiah dari hasil pengabdian pada mayarakat dan penelitian mahasiswa yang berkualitas.

Rumusan Strategi: Meningkatkan kapasitas mahasiswa dalam menghasilkan karya ilmiah yang berkualitas (Sasaran 1), Optimalisasi peran serta mahasiswa dalam penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Sasaran 2 dan 3), dan Meningkatkan kualitas lulusan dalam menyusun, menulis dan mempublikasikan hasil penelitian dan pengabdian pada masyarakat (Sasaran 4).

8. Terwujudnya lulusan yang berkepribadian baik, mandiri dan mampu bekerjasama dengan orang lain, dengan sasaran sebagai berikut:

  • Terwujudnya kepribadian lulusan yang cerdas, sopan dan santun dalam berkehidupan masyarakat.
  • Meningkatnya kemampuan lulusan dalam berkomunikasi interpersonal yang terarah dan cerdas untuk membangun masyarakat.
  • Meningkatnya kemampuan leadership bagi lulusan.

Rumusan Strategi: Meningkatkan kehidupan kampus yang profesional dan bermartabat.